Mengapa Penyakit Ginjal Kronis Menjadi Beban? 


Rumah Ginjal - Penyakit ginjal kronis saat ini tidak dapat disembuhkan. Penyakit ginjal kronis menjadikan pasien  membutuhkan perawatan selama sisa hidup mereka. Disamping itu penyakit ini juga memicu masalah kesehatan yang lainnya (penyakit jantung pembuluh darah) yang menyebabkan kematian atau cacat dini. 

Jika ini tidak terdeteksi lebih awal, penyakit ini dapat berkembang menjadi gagal ginjal yang memerlukan cuci darah  atau cangkok ginjal untuk bertahan hidup. 

 

Gejalanya seperti Apa? 

Penyakit ginjal kronis awalnya tidak menunjukkan gejala. Pasien dapat dapat kehilangan hingga 90% dari fungsi ginjal, tanpa ada tanda-tanda. Dan jika ada (terdeteksi) sesungguhnya sudah terlambat seperti bengkak, anemia, hypertensi, sesak, mual, lemas, stamina turun, libido menurun, gatal, kram, dan lainnya.

 

Siapa yang beresiko?

Waspadalah, Anda beresiko terkena penyakit gagal ginjal kronis, jika memenuhi salah satu kriteria berikut. Kriteri-kriteria tersebut, yaitu hipertensi, diabetes,  riwayat keluarga penyakit ginjal, kegemukan, Umur (lebih dari 50 tahun), asal (dengan prevalensi tinggi yaitu Asia-Afrika).

 

Bisakah penyakit gagal ginjal kronis dicegah?

Penyakit gagal ginjal kronis bisa dicegah. Cara pencegahan yang efektif, di antaranya:

  • Jadikan tubuh Tetap bugar & aktif 
  • Terus kendalikan kadar gula darah 
  • Pantau tekanan darah dan pastikan dalam kisaran  normal
  • Makanlah dengan sehat dan pertahankan berat badan 
  • Minum 2.5 sampai 3 liter per hari 
  • Jangan merokok 
  • Pastikan fungsi ginjal pada kisaran normal 

 

Apa yang bisa Anda lakukan?

Lantas apa yang bisa Anda lakukan? Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan.

  • Sadarilah faktor risiko pribadi dan cara menguranginya
  • Sebarkan info yang pernah diterima kepada handai taulan, keluarga, teman, dan kolega 
  • Promosikan kesehatan ginjal untuk semua 
  • Mari aktifkan gerakan mendidik masyarakat umum, dan mendorong pemerintah untuk mengambil langkah-langkah pencegahan

 

Semoga kita senantiasa diberkati. Amien.

 

Salam Rumah Ginjal, 

Djoko Santoso

Sumber gambar: viva.co.id

Source:
Keywords:

gagal ginjal, dokter ginjal terbaik di penang, rumah sakit ginjal di penang malaysia, dokter ginjal terbaik di malaysia, gagal ginjal stadium 5, kepanjangan ckd ginjal, gejala gagal ginjal kronis, stadium gagal ginjal kronik, pengobatan gagal ginjal, penyebab gagal ginjal, gagal ginjal stadium 5, pengertian gagal ginjal, pencegahan gagal ginjal, gagal ginjal akut, gagal ginjal pdf, gagal ginjal kronik pdf, gagal ginjal stadium 5 bisa sembuh, gejala gagal ginjal stadium 5, obat herbal gagal ginjal stadium 5, ginjal stadium 4 bisa sembuh, gagal ginjal stadium 5 pdf, berapa lama penderita gagal ginjal bisa bertahan hidup, efek cuci darah gagal ginjal, obat tradisional gagal ginjal stadium 5, askep ckd, ckd adalah pdf, patofisiologi ckd, ckd on hd, pengobatan gagal ginjal, lp ckd, definisi gagal ginjal kronik menurut who, gejala gagal ginjal akut, makalah gagal ginjal kronik, penyebab gagal ginjal dan pencegahannya, stadium gagal ginjal, stadium gagal ginjal kronik pdf, ciri gagal ginjal stadium akhir, definisi gagal ginjal kronik menurut who, gagal ginjal stadium 5 bisa sembuh, stadium ckd, gagal ginjal stadium 5 pdf, dokter urologi terbaik di penang, dokter ginjal terbaik di indonesia, dokter ginjal terbaik di malaka, biaya operasi batu ginjal di penang, pengalaman berobat ginjal di penang, biaya transplantasi ginjal di penang, dokter spesialis ginjal di singapura, dokter diabetes yang bagus di penang, dokter ginjal terbaik di indonesia, dokter urologi terbaik di penang, rumah ginjal, perawatan gagal ginjal kronis, penyebab gagal ginjal, gagal ginjal kronik pdf, definisi gagal ginjal kronik menurut who, makalah gagal ginjal kronik, jurnal gagal ginjal kronik pdf, stadium gagal ginjal, rumah sakit terbaik di malaysia, cuci darah